Keep Calm and Love Your Partner!

Sepertinya lagi semangat ngomongin tips-tips menjalankan bisnis nih. Kemarin kita membicarakan hal-hal yang dilakukan kalau lagi sepi orderan. Nah, sekarang kita pengen sharing tips-tips untuk menghadapi ketidakcocokan antara partner. Apabila ada yang menjalankan usahanya bareng dengan kakak, adik, teman, pacar, saudara atau tetangga, atau siapaaa aja, intinya gak sendirian, pasti bakalan muncul ketidakcocokan antara satu sama lain.

Nah, kita yang memang berkomitmen untuk menjalankan bisnis usaha berdua (+ abang @zoeindesign yang membantu untuk membuat logo / design dan kotak sepatu bayi untuk handmade by zee) selalu ingin setiap hari dipenuhi dengan semangat, inovasi tanpa ada drama kakak dan adik. Tapi drama itu gak bisa dihindari, satu saat kita akan mengalami drama yang gak bisa dihindari dan inilah saat-saat yang penting saat kita menjalankan bisnis agar tidak merugikan bisnis atau malah membuat bisnis kita berhenti.

danbo, cube felt, by handmadebyzee

Stay close with your partner.🙂

Tips berikut ini untuk menghindari dan mengatasi bentrok atau ketika “berantem” dengan business partner (this also be a reminder to us when facing the same problem😉 ) :

1. Komunikasi

Salah satu penyebab berbagai usaha atau hubungan hancur adalah kurangnya komunikasi. Sama saja kayak membangun rumah tangga, bisnis itu adalah “anak” yang kamu ciptakan untuk meraih apa yang kamu mimpikan. Keberhasilan atau tidaknya, semuanya tergantung usaha kamu berdua (ataupun bertiga, berlima, berame-rame) untuk mewujudkan harmonisasi antara partner. Salah satunya adalah dengan diskusi, membicarakan semua yang kamu rasakan baik untuk membangun bisnis dan menceritakan masalah hingga akhirnya kamu dan partner kamu akan menjadi “satu tujuan” karena sudah saling mengerti.

2. Bagi Tugas dan Kewajiban

Jelaskan secara detail dan terperinci untuk pembagian tugas dan kewajiban masing-masing saat menjalankan bisnis. Misalnya seperti aku, bertanggung jawab untuk update blog, sedangkan si kakak, bertanggung jawab untuk menemukan inspirasi dan gaya baru untuk produk-produk yang akan dibuat. Di saat kamu diberikan tugas, jalankan dengan sungguh-sungguh. Inovasi, inovasi dan berikan 110% untuk kerja kamu. Apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh, semua partner akan merasakan tanggung jawab untuk membuat bisnis berkembang.

3. Percaya

Percayakan bahwa partner kamu adalah yang terbaik dalam menjalankan tugasnya. Untuk semua keputusan yang diambil, percayakan partner kamu bahwa dia akan memberikan yang terbaik dan apabila ada masalah/resiko yang timbul atas keputusan itu, carilah solusi bersama-sama. Mempercayai bukan berarti tidak mau bertanggung jawab atas resiko orang lain. Ingatlah, bisnis kamu ada, karena semua elemen dan kesatuan terjalin dengan baik.

4. Listen & Be Honest

Selalu mendengar dan perhatikan hal-hal kecil. Semuanya akan membantumu untuk membangun kepercayaan dan kedekatan dengan partner mu. Tanamkan dalam diri bahwa setiap orang mempunyai hak untuk di dengar, oleh karena itu, kita harus mempunyai pikiran jernih dan positive selalu. Jujur dalam berkomunikasi dan bertindak juga membantu di dalam setiap usaha.

5. Memberikan motivasi

This is what I like most! Awali setiap pagi dengan rutinitas memberikan motivasi dan kata-kata penyemangat. Brainwash all good and positive things first thing in the morning untuk membuat mood bekerja selalu terpompa. Berikanlah semangat setiap hari, karena partnermu adalah orang yang membantu kamu dalam mencapai impianmu.

Quotes by @zoeindesign

Quotes by @zoeindesign

6. Win-win situation

Jika berhadapan dengan masalah, diskusikan dan cari solusi yang terbaik untuk masing-masing pihak. Lihatlah dari sisi konsumen/target customer, apa yang customer inginkan, jadikanlah itu salah satu faktor untuk menemukan solusi dari setiap masalah. Apabila kita memikirkan apa tujuan awal mula kita membangun usaha, keputusan apapun yang diambil pasti akan menguntungkan semua pihak.

7. Bedakan personal space dan proffesional space.

Seperti di drama-drama film Korea, banyak banget yang kerjanya terganggu antara personal dan proffesional. Salah satuny film yang lagi heboh nih aku tonton “When A Man Loves”, seperti kebanyakan drama korea lainnya, sang aktor cowok adalah CEO/President/Direktur perusahaan besar dan aktor ceweknya adalah pegawai/orang kurang mampu dan akhirnya mereka “kesemsem”, lope-lope di udaraa. Kalau lagi happy, bawaannya semangaaat kerja terus, tapi kalau lagi berantem, pasti deh ada yang gak kerja, malas kerja, gak masuk kantor, berhenti. Kok jadi ceritain drama korea ya. hihi..

Intinya, kalau kita kerja, usahakan kerja seproffesional mungkin. Seperti aku dan kakak nih, kalau kita lagi ada masalah di luar kerjaan, kita gak akan menaruh emosi kita ke kerjaan. Kerja ya kerja, kalau lagi berantem ya diam-diaman aja, tapi tetap kerja juga, toh nanti bakalan baikan lagi. Hehe. Yang terpenting adalah mengingat bahwa bisnis/usaha ini adalah punya kita berdua, tanggung jawab kita berdua, semua situasi adalah atas kontrol kita.

8. HAVE FUN

Have fun. Have all the fun. Membangun usaha yang didasari minat, bakat dan passion kita dalam bisnis itu sendiri adalah hal yang terindah yang akan kita jalani. Kalau tidak bisa dibawa fun fun aja, untuk apa membangun usaha yang membuat kita bersusah hati?

This is your time to make it happen, so have all the fun in the world.

Semoga sharing-sharingnya bermanfaat ya, dan kalau ada yang mau sharing tips-tips yang lain juga boleh kok di kolom komentarnya.😀

Happy crafting all!🙂

2 thoughts on “Keep Calm and Love Your Partner!

    • Kalau kami bagi hasil dari untung barang yg sudah terjual. Misalnya harga barang 100ribu. Setelah dipotong harga modal barang, sisa 50ribu. Lalu biasanya 10% atau 15% saya simpan buat ditabung. Sisa untungnya baru dibagi 2.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s