7 Ways to Do in a Slow Season

Craft Lovers,

Setelah beberapa minggu kemarin penuh dengan orderan yang lucu-lucu dan ngegemesin, 2 minggu ini kita dilanda dengan “slow season.” Orderan agak sepi dan kita hampir aja bingung mau ngapain. Lah, kok bingung, sebenarnya BUANYAK banget pending jobs yang kita punya. Salah satunya adalah ready stock products!

Untuk bisnis handmade dengan beberapa barang yang bisa Made by Request, biasanya kita curi-curi waktu untuk membuat barang yang ready stock. Apalagi kalau ingin membuat beberapa macam produk dengan tema-tema unik. Seperti kemarin, kita membuat owly keychain dengan tema batik aceh. Dibuat dengan menggunakan batik Aceh, ada yang berbentuk pintu aceh (seperti yang dipakai di owly biru), bunga dan beberapa lingkaran dan garis-garis yang melambangi adat dan kebudayaan Aceh. We’ll talk about Batik Aceh in a later post,😉

Only Rp 10.000/pcs

Owly Keychain – Only Rp 10.000/pcs

Bagi para pengusaha di rumah, kita mau sharing beberapa hal yang bisa kita lakukan saat lagi “slow season” seperti ini.

1. Stocks! Stocks! Stocks!

Saat ini adalah saat-saat penting untuk membuat beberapa produk ready stock. Be creative and have fun with all your resources. Semua yang dimanfaatkan dengan baik, hasilnya pun akan menjadi baik. Eksperimen dengan hal-hal baru seperti misalnya membuat kerajinan yang belum pernah kamu buat.

Apabila kamu merasa perlu, bangun konsep dan tema dari produk yang akan kamu buat. Cara ini biasanya lebih menarik customer terutama apabila konsep yang kamu miliki menarik dan unik.

2. Marketing

Marketing akan selalu perlu di season apapun. Seharusnya tidak perlu menunggu untuk slow season apabila kita ingin memasarkan produk kita, yang paling penting adalah konsistensi marketing itu sendiri. Mungkin beberapa cara marketing seperti info, sale/diskon ataupun promo lainnya bisa diperbarui lagi.

3. Update Blog/Twitter/Facebook

Nah, saatnya bersih-bersih nih cyiinnn.. Kalau blog/twitter/facebook sedikit terbengkalai karena sibuk dengan orderan, ini nih saatnya kita update facebook/social media lainnya. Susun foto di album semenarik mungkin, membuat album “Sold Out” untuk barang yang tidak dijual lagi, atau invite teman-teman untuk menambah follower. 

Kita juga bisa memanfaatkan waktu ini untuk mengintip kompetitor. Persaingan di dunia crafter sangat banyak, di Indonesia apalagi di luar negeri. Tapi semua persaingan adalah motivasi kita untuk menjadi lebih baik dan belajar dari semua usaha/bisnis agar dapat menjalankan bisnis yang lebih baik.

4. Travel

Tunggu apalagi? Jalan-jalan ini sangat penting apalagi ketika kamu punya waktu untuk melakukannya. Kunjungi beberapa tempat yang sering dikunjungi oleh target customer kamu, melihat trends dan fashion.

Disini kita bisa menjalankan marketing kita, jangan lupa selalu membawa brosur dan kartu nama untuk dipasang di semua tempat yang “prospect”. Dan jangan lupa jalan-jalan melihat kompetitor secara langsung. Toko aksesoris, toko fashion, atau toko apa saja yang bisa menurutmu bisa kamu “amati, tiru dan modifikasi”

5. Cleaning Shop / Workshop

Untuk yang punya toko offline atau tempat workshop, kita bisa memanfaatkan waktu untuk bersih-bersih juga. Mengubah dekorasi, menyusun barang supaya lebih tampak rapi ataupun mendaur ulang beberapa “sampah” seperti kain-kain perca dijadikan produk baru.

6. Spend time with your loved ones

Untuk pengusaha yang juga mempunyai keluarga/teman/pacar, ini saatnya kamu ajak mereka untuk “ngedate.” Mungkin ada yang gak sempat atau took a rain check ketika diajak nonton/jalan/main sama orang tersayang. Bahagiakanlah mereka, they are also your happiness.🙂

7. Stay Positive and Productive

Remember, You’re Not Out of Work. Artinya, karena kegiatan kamu di rumah, jadi tetap positive dan menganggap bahwa kamu tetap bekerja. Disiplinkan waktu kerja adalah satu hal utama yang penting untuk diingat selama menjalankan bisnis di rumah. Karena itu, kita harus selalu bekerja, be creative, meskipun lagi sepi orderan.

Dan yang terakhir, Have FUN! Hidup ini selalu diisi dengan hal-hal yang menarik, ups and downs, kadang di atas, kadang kita lupa turun, jangan lupa selalu hadapi dengan senyuman. Let the world spinning round!

Let the world spinning round, up and down, always remember to have fun!

Let the world spinning round, up and down, always remember to have fun!

Happy Crafting all!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s